Cintai Indonesia, Cintai Kekayaannya - 08

  • 0
                                         Cintai Indonesia, Cintai Kekayaannya


          Perubahan sosial bisa ditemui dalam bentuk modernisasi dan globalisasi yang keduanya saling memengaruhi. Modernisasi merupakan suatu proses perubahan sosial dimana masyarakat sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Modernisasi dan globalisasi tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat dan merupakan tantangan bagi masa depan kita. Salah satu pengaruh dari tantangan globalisasi adalah melunturnya jati diri bangsa.
            Saat ini banyak sekali anak muda yang menyukai musik ataupun budaya yang berasal dari luar negeri bahkan lebih dari rasa suka mereka terhadap budaya bangsa sendiri. Misalnya banyak remaja yang rela mengantri untuk menonton konser Justin Bieber, Superjunior, Taylor Swift dan penyanyi luar negeri yang lain yang sengaja datang ke Indonesia, mereka tidak segan untuk mengeluarkan biaya mahal demi mendapatkan tiket konser tersebut. Terkadang juga banyak remaja Indonesia yang memiliki biaya lebih hingga ia memilih terbang ke luar negeri hanya untuk menonton konser penyanyi kelas dunia yang mereka idolakan. Namun, ketika di TMII menggelar pertunjukan tari-tari tradisional dan berbagai budaya daerah tak banyak remaja yang turut andil untuk menyaksikan pagelaran tersebut, penonton pertunjukan tari tradisional lebih banyak berasal dari golongan tua yang benar-benar pengapresiasi seni. Tidak hanya itu, para remaja di Indonesia yang tidak bisa menahan pengaruh dari tantangan global biasanya lebih hafal lagu-lagu penyanyi luar negeri daripada lagu nasional mereka sendiri.
Hal itu bisa kita jumpai di sekitar kita.
             Selain di bidang musik ataupun budaya kita juga bisa melihat lunturnya jati diri bangsa di bidang keolahragaan. Ada sebagian remaja di Indonesia yang tidak terlalu mendukung tim olahraga asal Indonesia yang berkompetisi di kejuaraan internasional, kepercayaan diri dan pandangan optimis mereka luntur karena menganggap bangsa mereka sendiri kurang bisa
bersaing dengan dunia internasional sehingga mereka lebih mendukung tim dari negara lain. Di bidang keolahragaan yang paling terlihat jelas adalah sepakbola. Banyak sekali hal-hal negatif yang terjadi dalam laga sepakbola lokal di Indonesia seperti kerusuhan antar suporter yang sering terjadi yang kemudian mencoreng nama baik sepakbola Indonesia. Atas adanya kejadian tersebut banyak masyarakat menilai sepakbola lokal tidak bermutu, akhirnya hal tersebut membuat mereka lebih suka menonton sepakbola luar negeri baik melalui layar kaca atau bahkan ada yang rela pergi ke luar negeri untuk menonton tim kesayangan mereka berlaga.
               Bidang yang tak kalah penting selain yang tersebut diatas adalah bidang fashion atau gaya berpakaian remaja saat ini utamanya bagi kalangan perempuan. Banyak diantara remaja perempuan yang berpakaian minim dengan artian menggunakan hotpants ataupun rok mini dan tanktop saat berada di tempat umum seakan tidak memiliki rasa malu. Hal tersebut sangat berbeda jauh dari cara berpakaian asli orang Indonesia yang sangat sopan dan santun. Para remaja perempuan yang terpengaruh tantangan globalisasi akan merasa apa yang mereka lakukan itu baik dan menganggap hal itu modern tetapi kenyataannya mereka tidaklah menjadi manusia modern tetapi menjadi bagian dari pengaruh westernisasi dan dampak negatif globalisasi.
                 Semua yang menjadi pengaruh tantangan global sebenarnya bisa dikendalikan oleh diri kita sendiri yaitu dengan menumbuhkan rasa percaya diri terhadap potensi bangsa, harus bisa memfilter hal-hal asing yang masuk ke dalam negeri dengan tidak asal menerima dan menganggap hal tersebut baik untuk diterapkan di lingkungan kita dan lebih mencintai produk, budaya , gaya hidup dan semua yang telah ada dan menjadi jati diri bangsa Indonesia.
                                                                           by
                                                        Elma Ariella Khoriqul Hayumi
                                                                       XII IPS 1 / 08
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar